Cara Hidup Sehat dan Hemat

cara hidup sehat dan hemat

Hidup sehat dan hemat adalah dambaan setiap orang. Di balik hidup sehat dan hemat, ada harga yang harus dibayar. Misalnya, untuk memperoleh makanan sehat dan bebas dari bakteri, Anda bisa mengonsumsi bahan makanan organik. Namun, harganya dua kali lipat lebih mahal ketimbang makanan non organik.

Demi menjaga kesehatan pun, tak jarang orang memilih berolahraga di pusat kebugaran. Padahal biaya keanggotaan di pusat kebugaran cukup mahal. Biayanya minimal berkisar Rp 300.000/bulan. Belum lagi tambahan suplemen dan peralatan olahraga yang cukup menguras kantong. Sepertinya, hidup sehat itu perlu pengorbanan dan biaya mahal, bukan?

Faktanya, ada beberapa cara hidup sehat dan hemat yang bisa dilakukan semua orang. Tentunya tak sampai menguras gaji bulanan Anda apalagi tabungan. Dengan memiliki gaya hidup seimbang dan pola pikir yang positif, Anda dapat tetap menjaga kesehatan tanpa menguras kantong. Mau tahu caranya? Simak tips berikut!

  1. Bersantai

Penyakit sebenarnya bukan hanya berasal dari makanan dan virus saja. Pola istirahat yang kurang teratur hingga pikiran negatif bisa menimbulkan penyakit. Kondisi tertekan hingga stress pun memicu datangnya penyakit.

Oleh karena itu, Anda memerlukan relaksasi setiap hari agar keadaan tubuh lebih tenang dan sehat. Relaksasi bisa dilakukan di mana saja, bahkan di kantor sekalipun. Caranya cukup mudah, mulailah minum secangkir teh hangat di pagi hari sebelum bekerja. Lalu, berkumpul bersama teman-teman tercinta yang membawa aura positif di kantor dan lakukan senam kecil atau meditasi ketika menemukan tekanan dalam pekerjaan.

Jangan lupa juga biasakan meminum air putih minimal 3 liter setiap hari. Selain menghilangkan stress, air putih membantu menyuplai oksigen ke otak sehingga Anda merasa lebih santai. Relaksasi seperti ini tentu hemat, murah dan aman.

  1. Olahraga

Salah satu cara mudah menjaga kesehatan adalah berolahraga. Dan olahraga tak melulu identik dengan biaya mahal apalagi harus selalu ke pusat kebugaran. Ada banyak cara berolahraga secara hemat. Misalnya, jogging. Olahraga ini dapat dilakukan setiap pagi atau sore hari. Anda bisa jogging dengan mengelilingi komplek perumahan, lapangan sepak bola, atau taman. Saat ini sudah banyak taman kota yang menyediakan area jogging track sehingga acara jogging Anda lebih aman dan nyaman.

Olahraga bisa dilakukan di sela-sela kesibukan Anda. Seperti berjalan kaki dari kantor ke tempat jajanan saat makan siang. Naik turun tangga ketimbang menggunakan lift hingga bersepeda saat berangkat kerja. Olahraga seperti itu jauh lebih hemat ketimbang harus mendaftar di pusat kebugaran.

Saat akhir pekan, Anda juga bisa mengajak keluarga olahraga bersama ketimbang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan yang pasti menguras kantong. Anda dapat membawa mereka ke taman atau alun-alun kota untuk lari pagi. Si kecil pun bisa bersepeda santai. Dan beberapa taman dan gelanggang olahraga di Jakarta misalnya, sudah dilengkapi dengan alat olahraga yang bisa digunakan oleh publik. Kegiatan ini bukan hanya hemat, namun efektif memupuk keharmonisan keluarga.

  1. Mengganti cemilan

Siapa yang tidak suka ngemil? Sayangnya cemilan yang dikonsumsi cenderung membuat tubuh dan kantong sakit. Seperti cokelat, keripik, kentang goreng dan lainnya. Kandungan cemilan tersebut lebih banyak lemak dan gula ketimbang vitamin dan protein. Untuk itu, gantilah cemilan Anda dengan makanan yang lebih sehat.

Demi mengusung hidup sehat, cobalah mengonsumsi buah-buahan sebagai pengganti cokelat atau keripik. Anda tidak perlu membeli jenis buah yang mahal. Pepaya, pisang, atau mangga bisa Anda pilih karena harganya sangat terjangkau, enak, dan sehat. Alternatif cemilan sehat lainnya adalah agar-agar. Cemilan ini memiliki rasa beragam dan mumpuni membantu sistem pencernaan.

  1. Berkebun

Kegiatan ini tak menuntut Anda memiliki halaman luas. Berkebun bisa dilakukan dengan membeli bibit yang ditanam di pot. Jenis tanamannya antara lain Sayuran yang dapat ditanam di pot antara lain adalah kol, kacang panjang, sawi, kangkung, dan kentang. Bila Anda memiliki lahan luas di rumah bisa memanfaatkan untuk menanam berbagai sayuran dan buah seperti cabai, alpukat, bawang, tomat dan lainnya. Selain mudah dirawat, tanaman tersebut cocok untuk tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia.

Dengan berkebun, anda bisa memiliki bahan makanan yang bebas pestisida. Pun, kegiatan ini juga cukup menguras keringat. Sehingga bisa dijadikan alternatif berolahraga.

Sumber artikel dari AturDuit

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *