Obat Asam Lambung

asam lambung

Umumnya penderita asam lambung yang sedang kumat pasti mencari berbagai macam obat asam lambung untuk meredakan atau meringankan gejala seperti nyeri, mual, kembung, rasa cepat kenyang, panas atau seperti ditusuk-tusuk di bagian ulu hati kita tepatnya lambung kita. Penyakit asam lambung atau sakit maag atau istilah medisnya disebut dispepsia.

Lambung atau maag merupakan organ percernaan yang berfungsi untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi atau sari-sari makanan yang kita makan melalui rongga mulut. Dinding lambung kita terdiri atas 4 lapisan yaitu: mucosa, submucosa, muscularis dan serosa.

  • Mucosa, merupakan lapisan yang mengeluarkan berbagai macam cairan seperti hormon, enzim dan asam lambung.
  • Submucosa, merupakan lapisan yang terdapat pembuluh darah arteri dan vena yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel perut dan juga membawa nutrisi yang diserap seperti urea dan karbon dioksida dari sel tersebut.
  • Muscularis, merupakan lapisan otot yang membantu dalam pencernaan mekanis. Lapisan muscularis terbagi atas 3 lapisan otot yaitu otot memanjang, otot melingkar dan otot menyerong. kontraksi dari ketiga otot ini menghasilkan gerak peristaltic atau gerak menggelombang yang menyebabkan makanan di dalam lambung diaduk-aduk.
  • Lapisan terluar, serosa yang berfungsi sebagai lapisan pelindung perut. Sel-sel dalam lapisan serosa mengeluarkan cairan untuk mengurangi gesekan antara perut dengan anggota tubuh yang lain.

Setiap hari kita harus makan guna memperoleh nutrisi dan tenaga untuk dapat beraktivitas sehari-hari. Lambung juga bekerja tidak pernah berhenti guna mencerna makanan dan menyerap sari-sari makanan dan disalurkan ke seluruh organ tubuh kita. Kondisi ini berarti lambung kita beresiko mengalami gangguan karena faktor makanan dan pikiran. Kelainan pada lambung sudah dapat disebut sebagai penyakit asam lambung atau sakit maag. Satu dari sepuluh orang pasti pernah merasakan kelainan atau sakit nyeri pada lambung atau pada bagian ulu hati karena faktor makanan yang terlalu pedas, asam atau juga sedang stress. Pola makan yang tidak teratur juga dapat memicu penyakit asam lambung.

pH lambung yang normal berkisar di antara 1 – 3 di perut bagian bawah dan 4 – 6 di perut bagian atas. Asam klorida dalam lambung yang menyebabkan pH rendah yang fungsinya untuk membantu berfungsinya enzim pepsin. pH tubuh yang sehat biasanya seimbang antara asam dan basa. Asam lambung berfungsi untuk membunuh bakteri penyakit yang masuk bersama-sama dengan makanan yang kita makan dan kemudian asam lambung menstabilkan zat gula yang berasal dari penguraian sebelumnya dan membantuk merangsang produksi enzim.

Faktor Penyebab Seseorang Terkena Penyakit Asam Lambung

  • Pola makan yang tidak teratur
  • Makanan yang terlalu berlemak, pedas, asam
  • Sering telat makan
  • Stress

Umumnya orang yang asam lambungnya naik atau kumat, biasanya orang memilih obat asam lambung yang termasuk obat antisida yaitu obat yang menghambat sekresi asam lambung. Obat asam lambung ini hanya sementara meredakan asam lambung atau sakit maag dan sewaktu-waktu penyakit asam lambung ini dapat kambuh atau bahkan menjadi lebih parah.

Jenis-jenis Dispepsia

Dispepsia/maag/asam lambung berdasarkan penyebabnya dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

  1. Dispepsia Organik, merupakan gangguan pada lambung yang disebabkan kelainan organ tubuh atau penyakit lain seperti: luka pada lambung yang biasa disebut ulkus atau tukak lambung, dan dismotilitas yaitu ganggguan pergerakan saluran pencernaan (gejala dismotilitas seperti cepat kenyang, gembung, mual, muntah, sendawa).
  2. Dispepsia Fungsional, adalah gangguan pada lambung di mana lambung tidak terdapat kelainan dan tidak diketahui penyebab organiknya. Gejala dispepsia fungsional seperti nyeri pada bagian atas perut, gejala dismotilitas, terasa panas di kerongkongan.

Tips Mencegah Penyakit Asam Lambung atau Dispepsia

  • Menjaga pola makan yang teratur dan gaya hidup sehat
  • Membiasakan mengunyah makanan sebanyak 32 kali dengan tujuan agar makanan yang masuk ke lambung sudah benar-benar lembut dan mudah dicerna oleh lambung.
  • Hindari makanan yang dapat memicu penyakit maag seperti makanan terlalu pedas, asam, keras, alkohol.
  • Hindari stress atau depresi karena stress dapat memicu asam lambung naik.
  • Hindari rokok. Rokok bukan hanya merusak paru-paru, tetapi juga dapat merusak organ tubuh yang lain salah satunya organ pencernaan lambung.
  • Konsumsi jamu tetes SoMan karena jamu tetes SoMan mengandung enzim baik untuk pencernaan dan memiliki pH diatas 9 (basa) di mana sangat baik untuk tubuh kita dan lambung kita untuk menetralkan asam lambung yang terlalu tinggi.
  • Jamu tetes soman juga dapat memperbaiki sel-sel di lapisan lambung yang luka tepatnya lapisan mukosa.

jamu tetes soman 1

Jamu tetes Soman dapat berfungsi sebagai obat asam lambung untuk mengatasi penyakit asam lambung baik itu kronis, akut maupun ringan. Untuk penyakit asam lambung yang sudah kronis ataupun akut, lebih baik diperiksakan ke dokter terlebih dahulu dan dibarengi konsumsi jamu tetes soman untuk mempercepat proses pemulihan pada lambung.

Semoga artikel ini dapat membantu dan berguna bagi yang membutuhkan dan semoga cepat sembuh.
Untuk pemesanan, silahkan klik link jamu tetes soman.

#Soman, berani coba berani sembuh.

290 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *