10 Jenis Biji-Bijian Tersehat yang terdapat di Muka Bumi

Biji-bijian yang terdapat di muka bumi kita ini berbeda-beda baik dari ukurannya, bentuknya maupun warnanya itu sendiri. Biji merupakan embrio tanaman itu sendiri dan kaya akan nutrisi. Sebuah tanaman dengan segala usaha memproduksi setiap biji dan mengisinya dengan vitamin, mineral, protein, minyak essensial dan enzim aktif dalam kandungan yang tinggi. Jika anda sedang mencari makanan ringan yang penuh dengan nutrisi dan berkualitas tinggi, biji-bijian merupakan satu-satunya solusi.

Sebutir biji merupakan sumber kehidupan. Biji adalah makanan hidup. Suatu hal yang tidak mungkin jika kita memakan mentah biji dan tidak mendapatkan nutrisi. Banyak biji-bijian yang dapat dimakan dan sebagian besar kalori manusia berasal dari biji-bijian terutama polong-polongan dan kacang-kacangan. Biji-bijian juga menghasilkan minyak makan, minuman, rempah-rempah, dan beberapa zat perasa makanan yang penting. Pada beberapa biji-bijian, bagian dalam biji embrio atau endosperm mengandung paling banyak nutrisi. Bentuk fisik dan kandungan asam amino pada embrio maupun endosperm berbeda dengan tempat penyimpanan kandungan protein. Mari kita liat 10 jenis biji-bijian tersehat dan bagaimana cara mengkonsumsinya.

Cara memakan biji-bijian

Hanya satu cara untuk memperoleh nutrisi dari biji-bijian yaitu dengan cara memakan dalam keadaan mentah. Sekali terkena panas, biji-bijian akan menghasilkan zat beracun dan vitamin, mineral serta minyak essential pun terdenaturasi (protein kehilangan struktur kuartener, sekunder dan tersier). Dengan memanggang biji, klasifikasinya pun berubah dari makanan hidup menjadi makanan mati. Tidak ada satupun biji-bijian yang dapat mempertahankan kandungan nutrisinya dari panas tanpa terdenaturasi.

Beberapa tips memakan biji-bijian:

  • Pilih biji yang mentah dan tawar
  • Hindari biji yang terlapisi atau terpanggang
  • Hindari biji yang terlapisi gula.

Berikut 10 jenis biji-bijian tersehat di muka Bumi:

  1. Biji CHIAbiji chia

Jumlah takaran = 1 sendok makan

Beberapa fakta mengenai biji CHIA:

  • Kandungan protein 2,5x lebih banyak dari kacang merah
  • Kandungan antioksiden 3x lebih banyak dari blueberry
  • Kandungan zat besi 3x lebih banyak dari bayam
  • Kandungan kalsium 6x lebih banyak dari susu
  • Kandungan vitamin C 7x lebih banyak dari jeruk
  • Kandungan omega-3 8x lebih banyak dari ikan salmon
  • Kandungan serat 10x lebih banyak dari beras
  • Kandungan magnesium 15x lebih banyak dari brokoli

Biji CHIA penuh dengan vitamin dan mineral, dan merupakan sumber serat, protein dan antioksiden terbaik, serta kaya akan asam lemak omega-3. Konsumsi biji CHIA bisa membantu mengurangi nyeri sendi, membantu menurunkan berat badan, dan dapat memberikan energi untuk melindungi kita dari penyakit serius seperti diabetes dan penyakit jantung. Biji CHIA juga bebas zat perekat (gluten-free), bagi orang yang mempunyai penyakit celiac atau tidak doyan terhadap zat perekat ini, bisa mengkonsumsi biji CHIA.

Penelitian baru dari Universitas Appalachian State dan Universitas North Carolina mengatakan konsumsi biji CHIA juga dapat meningkatkan aliran darah sebesar 30% karena pengaruh dari omega-3 EPA jenis rantai panjang. Biji CHIA merupakan sumber ALA (alpha linolenic acid), jenis “rantai pendek” dari asam lemak Omega-3, sedangkan ikan merupakan sumber asam lemak jenis rantai panjang yaitu EPA (Eicosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid). Penelitan menunjukkan bahwa konsumsi EPA dan DHA berguna untuk kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak dan kemungkinan untuk manfaat kesehatan lainnya seperti rheumatoid arthritis atau depresi. Penelitian sekarang menunjukkan bahwa ALA (Biji Chia) mempunyai peranan dalam perlindungan kesehatan hati dan jantung.

  1. Biji HEMP (Tanaman sejenis ganja)biji hemp

Jumlah takaran = 1 sendok makan

Hemp mengandung:

  • Semua 20 jenis asam amino, termasuk 9 asam amino penting (EAAs) yang tidak dapat diproduksi oleh tubah kita.
  • Persentase kandungan protein sederhana yang tinggi dapat memperkuat daya tahan tubuh dan penangkal racun.
  • Memakan biji Hemp dalam bentuk apapun membantu penyembuhan, kecuali orang yang menderita penyakit defisiensi kekebalan tubuh. Kesimpulan ini didukung oleh fakta bahwa biji hemp digunakan untuk mengobati kekurangan gizi yang disebabkan oleh TBC, atau beberapa penyakit parah lainnya yang menolak nutrisi.
  • Merupakan asam lemak esensial nabati alami tertinggi, lebih tinggi dari flax (rami) atau minyak kacang lainnya.
  • Rasio perbandingan yang sempurna 3:1 antara Omega-6 Linoleic Acid dan Omega-3 Linoleic Acid, untuk kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Sumber protein nabati yang mudah dicerna
  • Kaya akan fitonutrien (phytonutrients), merupakan elemen perlindungan terhadap penyakit dari tanaman yang mempunyai manfaat untuk melindungi kekebalan tubuh, aliran darah, jaringan, sel, kulit, organ dan mitokondria.
  • Merupakan sumber terkaya akan asam lemak ganda esensial tidak jenuh.
  1. Biji Buah Delima

    biji delima

Jumlah takaran = ½ cangkir

Buah delima kaya akan antioksidan. Dengan ini, buah delima dapat membantu melindungi tubuh anda dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Secara sederhana, jus buah delima memompa oksigen ke dalam darah Anda. Antioksidan melawan radikal bebas dan mencegah pembekuan darah. Pada akhirnya membantu aliran darah dalam tubuh Anda mengalir lancar dan meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Buah delima mempunyai kandungan polifenol yang tinggi, sebagai bentuk antioksidan yang membantu mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung. Jus delima mempunyai antioksidan yang lebih tinggi daripada teh hijau atau anggur merah. Sifat aktioksidan buah delima mencegah oksidasi kolestrol LDL, hal ini berarti buah delima dapat mencegah pengerasan dinding arteri karena kelebihan lemak, membuat arteri anda bebas lemak dan memompa antioksidan ke dalam tubuh Anda.

Buah delima dengan biji yang yang dapat dimakan kaya akan vitamin C, potasium, rendah kalori dan sumber serat yang bagus.

  1. Biji Flax (Rami)biji flax

Jumlah takaran = 1-2 sendok teh (digiling)

Serat dari biji Flax menekan kenaikan kadar lipid dalam darah dan mampu menekan nafsu makan untuk mengurangi berat badan. Manfaat utama dari biji Flax untuk kesehatan karena kaya akan ALA (Alpha Linolenic Acid), serat, dan lignan.

Asam lemak esensial ALA merupakan anti inflamasi yang handal, mengurangi faktor penyebab inflamasi dan mengurangi kadar CRP (C-Reactive Protein) dalam darah, penyebab inflamasi. Melalui ALA dan Lignan, Flax terbukti dapat mengambat pertumbuan tumor pada hewan dan membantu mengurangi resiko kanker pada manusia.

Lignan adalah phytoestrogen, senyawa tanaman yang mempunyai efek seperti estrogen dan antioksidan. Phytoestrogen membantu menstabilkan kadar hormon, mengurangi gejala PMS dan menopause, serta berpontensi mengurangi resiko kanker payudara dan prostat.

Serat dalam biji flax meningkatkan fungsi usus yang sehat. Satu sendok makan biji flax mengandung serat sebanyak setengah cangkir gandum yang dimasak. Serat larut flax dapat menurukan kadar kolesterol dalam darah dan membantu mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

Biji flax yang digiling lebih bergizi daripada biji flex yang utuh.

  1. Biji Pumpkin (labu)biji pumpkin-labu

Jumlah takaran = ½ cangkir

Biji labu merupakan satu-satunya biji yang bersifat basa di dunia ini dan cocok untuk orang yang melakukan diet asam. Tambahkan biji labu ke dalam list daftar makanan Anda yang kaya akan protein. 100 gram biji labu sehari menyediakan 54% kebutuhan protein perhari.

Untuk yang kekurangan vitamin B-Kompleks, cobalah biji labu. Biji labu merupakan sumber vitamin B yang baik seperti thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, vitamin B-6 dan folat.

Bagi yang sedang sedih atau depresi, biji labu dapat melawan depresi. Senyawa kimia L-tryptophan adalah bahan rahasia untuk meningkatkan mood Anda.

Apakah Anda tahu bahwa biji labu dapat mencegah batu ginjal? Studi menunjukkan bahwa biji labu mampu mencegah pembentukan batu ginjal seperti batu ginjal kalsium oxalate.

Biji labu bahkan memegang peranan penting untuk membasmi parasit terutama cacing pita.

  1. Biji Apricotbiji apricot

Jumlah takaran = ¼ cangkir

Biji apricot sangat bergizi seperti kacang-kacangan dan biji-bijian pada umumnya. Di antara nutrisi yang terkandung di dalamnya, ada yang dinamakan amygdalin, yang juga dikenal dengan vitamin B17. Amygdalin menyerang sel-sel kanker, dan dapat mencegah penyebaran kanker di dalam tubuh kita.

Amygdalin (Vitamin B17) terkandung dalam ratusan jenis makanan, tetapi makanan yang kaya akan amygdalin ini telah hilang dalam daftar diet ala budaya Barat. Orang yang masih memakan makanan tradisional sebagian ditemukan bebas dari kanker. Makanan tradisional ini mengandung banyak amygdalin.

Selain biji aprikot, contoh makanan yang kaya akan amygdalin adalah almond pahit. Amygdalin terasa lebih pahit, almond yang manis tidak mengandung itu, dan biji aprikot yang tidak pahit tidak mengandung amygdalin. Makanan lain yang mengandung amygdalin adalah pips apel, biji anggur, millet, kacang parang (broad bean), buah berry umumnya, ubi kayu, dan berbagai biji-bijian, kacang-kacangan, kacang polong dan padi-padian – tetapi bukan yang telah dihibridisasi.

  1. Biji Wijenbiji wijen

Jumlah takaran = ¼ cangkir

Biji wijen mungkin merupakan bumbu tertua yang dikenal oleh manusia. Biji wijen sangat dihargai untuk minyaknya yang sangat tahan terhadap bau tengik.

Biji wijen bukan hanya sumber mangan dan tembaga yang baik, tetapi juga sumber kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, vitamin B1, zinc, dan serat. Selain nutrisi penting ini, biji wijen mengandung dua zat unik yaitu sesamin dan sesamolin. Kedua zat ini termasuk kelompok serat yang mempunyai manfaat yang dinamakan lignan, dan terbukti dapat menurukan kolesterol pada manusia, mencegah tekanan darah tinggi dan meningkatkan pasokan vitamin E pada hewan. Sesamin juga ditemukan untuk melindungi hati dari kerusakan oksidatif.

  1. Biji Bunga Mataharibiji bunga matahari

Jumlah takaran = ¼ cangkir

Biji bunga matahari merupakan sumber vitamin E yang sangat baik, antioksidan yang larut dalam lemak utama tubuh. Perjalanan vitamin E ke seluruh tubuh menetralkan radikal bebas yang bisa merusak struktur dan molekul lemak seperti membran sel, sel otak dan kolesterol.

Biji wijen memiliki beberapa kandungan fitosterol yang tertinggi. Fitosterol merupakan senyawa yang terdapat pada tanaman yang memiliki struktur kimia yang mirip dengan kolesterol, diyakini ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dapat mengurangi kadar kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi resiko kanker tertentu.

Biji bunga matahari juga merupakan sumber magnesium yang baik. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa magnesium membantu mengurangi penyakit asma, menurukan tekanan darah tinggi, mencegah migrain, dan mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

  1. Biji Cuminbiji cumin

Jumlah takaran = 1 sendok makan

Cumin adalah biji yang sudah digunakan sejak jaman kuno. Ramuan tradisional dikenal bermanfaat untuk kesehatan dan berfungsi sebagai obat selama ratusan tahun.

Cumin berguna untuk gangguan pencernaan, dan bahkan sebagai antiseptik. Biji cumin sendiri kaya akan zat besi dan meningkatkan kekuatan hati. Cumin juga berguna meringankan gejala flu biasa. Jika anda sakit tenggorokan, coba tambahkan beberapa jahe kering ke air cumin untuk menyejukkan tenggorokan.

Jus cumin dapat menjadi tonik bagi tubuh walaupun Anda tidak memiliki penyakit. Jus cumin dikatakan dapat meningkatkan panas dalam tubuh sehingga metabolisme menjadi lebih efisien. Jus cumin juga dianggap sebagai ramuan yang mantap bagi ginjal dan hati yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, biji cumin hitam dapat mengobati asma dan radang sendi.

  1. Biji Anggurbiji anggur

Jumlah takaran = 1-2 sendok makan

Biji anggur memiliki kandungan vitamin E, flavonoid, asam linoleat, dan polifenol yang banyak. Ekstrak biji anggur dapat mencegah penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Dengan membatasi oksidasi lipid, fenolat dalam biji anggur dapat mengurangi resiko penyakit jantung dengan cara menghampat agregasi platelet dan mengurangi peradangan.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Carcinogenesis menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur (GSE) membunuh sel karsinoma dan sel skuamosa sementara sel yang sehat tetap aman tidak terganggu. Biji anggur juga dapat mengurangi infektivitas Novovirus.

Demikian ulasan tentang 10 biji-bijian tersehat yang ada di muka bumi kita ini. Untuk menjalani hidup yang lebih sehat dan bebas penyakit, konsumsilah biji-bijian ini disertai dengan olah raga, tidur yang teratur dan pola hidup yang sehat. Semoga kita semua bebas dari penyakit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *