Manfaat Bawang Putih

manfaat bawang putihManfaat bawang putih selain sebagai bumbu dapur juga mempunyai khasiat seperti obat untuk kesehatan kita. Bawang putih dengan nama latin Allium Sativum telah digunakan oleh manusia sejak 7000 tahun yang lalu terutama pada wilayah Asia tengah, Afrika dan Eropa. Tahun 3000 SM, tabib asal Tiongkok telah menguji dan menulis manfaat bawang putih. Filsuf asal Yunani, Aristotels juga menguji bawah putih untuk digunakan sebagai obat pada tahun 335 SM. Dalam tulisan Mesir Kuno bahwa bawang putih juga digunakan sebagai bumbu masak dan pengobatan. Para pekerja yang membangun piramida diberikan bawang putih agar tubuh mereka tetap sehat dan kuat. Sedangkan orang Rusia mengenal bawang putih sebagai “Penisilin Rusia” karena mengandung 1/10 kebaikan penisilin. Di India, bawang putih disebut sebagai umbi dewa karena khasiatnya. Bawah putih juga digunakan sebagai resep untuk diet sejak dahulu di negara Libanon.

Masakan Chinese, Jepang dan Korea menggunakan bawang putih sebagai bumbu utama. Bawang putih juga dapat dimakan tanpa harus ditumbuk halus atau dirajang. Hal ini sering didapati di negara Jepang atau China.

Dengan berjalannya waktu, khasiat dan manfaat bawang putih semakin banyak ditemukan bagi kesehatan yang telah diuji melalui berbagai penelitian baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kandungan Bawang Putih dan Manfaatnya

Minyak atsiri banyak dikandung bawang putih yang mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-septik. Sedangkan allicin dan aliin mempunyai daya anti kolesterol yang berfungsi mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi atau hipertensi dan lainnya. Pada umbi batang bawang putih mengandung zat-zat sebagai berikut:

  • Kalsium yang bersifat menenangkan sehingga sangat cocok sebagai pencegah darah tinggi atau hipertensi
  • Saltivine : zat yang dapat merangsang susunan sel saraf serta mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan
  • Diallysulfide, Alilpropil-disulfida sebagai obat anti cacing
  • Belerang
  • Protein dan Lemak
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Vitamin A, dan C.

Saat bawang putih dihaluskan dengan cara digiling atau diblender, kandungan zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai karena adanya dorongan enzim alinase, aliin akan terpecah menjadi alisin, asam piruvat dan amonia. Bau menyengat alisin disebabkan karena mengandung zat belerang. Aroma khas bawang putih ini akan bertambah menyengat ketika zat belerang atau sulfur dalam alisin diterbangkan oleh zat amonia ke udara (sifat amonia yang mudah menguap di udara). Senyawa alisin mempunyai manfaat untuk menghancurkan pembentukan plak darah dalam arteri yang akan mengurangi tekanan darah tinggi serta dapat mengurangi gejala diabetes.

Selain senyawa alisin, bawang putih memiliki senyawa lain yang mempunyai khasiat seperti obat, yaitu senyawa alil. Senyawa alil yang terkandung dalam bawang putih paling banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida yang mempunyai khasiat mengatasi penyakit penyakit degeneratif seperti diabetes dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru sehingga sel-sel yang tidak sehat maupun sel yang rusak dapat tergantikan dengan sel baru yang sehat.

Hampir semua orang tidak tahan dengan aroma khas bawang putih yang menyengat sehingga tidak mampu mengkonsumsinya mentah-mentah padahal dalam keadaan mentah khasiat dan kandungan yang terdapat dalam bawang putih dapat bekerja optimal. Jamu tetes soman menghadirkan solusi untuk Anda dan keluarga Anda supaya dapat mengkonsumsi bawang putih tanpa menghilangkan nutrisi yang ada dengan cara fermentasi dingin. Salah satu bahan utama jamu tetes soman adalah bawang putih. Semua khasiat yang terkandung dalam bawang putih juga terkandung dalam jamu tetes soman. Jamu tetes soman tidak beraroma dan berbentuk tetes sehingga semua golongan umur dapat mengkonsumsinya dan pada akhirnya akan mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik.

Demikian review singkat tentang manfaat bawang putih, semoga bermanfaat untuk semua yang membacanya dan ingin meningkatkan kualitas kesehatan dengan konsumsi jamu tetes soman.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *