Nilai Luhur Sebutir Nasi

krisis panganKrisis pangan sering terjadi di berbagai negara di muka bumi kita ini. Sering kita tidak menyadari berapa banyak nasi yang terbuang dalam satu hari. Mari kita hitung: jumlah penduduk Indonesia ±250 juta jiwa. Jika dalam sehari kita makan 3 kali, dan sekali makan setiap orang membuang 1 butir nasi saja, berarti setiap hari ada 3 butir nasi yang terbuang. 3 butir nasi x 250 juta= 750 juta butir nasi yang terbuang setiap hari. Pertanyaan selanjutnya, apakah hanya membuang 1 butir nasi saja setiap kali makan?

Ternyata setelah dihitung, dalam 1 kg beras terdapat ±50 ribu butir, maka 750 juta / 50 ribu = 15 ribu Kg (15 ton) beras yang terbuang setiap harinya. Jika 1 kg beras cukup untuk memberi makan 10 orang, maka 15 ton beras x 10 orang = cukup untuk memberi makan 150 ribu orang. Artinya beras yang terbuang setiap hari di Indonesia sebenarnya bisa untuk memberi makan 150 ribu orang.

nasi terbuangAngka yang lebih mengejutkan!! Jika seluruh penduduk dunia yang berjumlah 7 miliar, dan setiap orang membuang 3 butir nasi saja setiap hari, maka 1 hari nasi yang terbuang adalah 390 ton nasi yang artinya cukup untuk memberi makan 3,9 juta jiwa. Angka yang fantastis bukan? Ironisnya, menurut data FAO PBB, setiap hari ada ±25 ribu jiwa yang mati kelaparan di dunia ini.

Ingatlah!! Sebutir nasi tidak mudah dihasilkan. Pepatah mengatakan sebutir nasi sejuta keringat. Jangan sia-siakan nasi walaupun hanya sebutir! Mari kita bersama-sama selamatkan sumber daya alam kita!! Dengan demikian, kita baru dapat mencegah dan mengurangi krisis pangan atau bencana yang sedang melanda dunia kita ini. Niscaya hidup kita akan dipenuhi berkah dan rezeki.

*dikutip dari INLA Indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *