Mau Berhemat Saat Liburan Keluarga? Ini Strateginya

tips hemat saat liburan keluarga

Musim liburan selalu dinantikan setiap orang. Liburan adalah momen penting untuk melepas penat dan kejenuhan yang kian melanda. Dan liburan menjadi ajang berkumpul bagi keluarga untuk saling mengakrabkan diri hingga menemukan hiburan. Umumnya, saat menyusun anggaran liburan keluarga, para orang tua lah yang berperan penting.

Bukan hanya sibuk menyiapkan rencana berlibur bersama buah hatinya. Para orang tua juga merancang bujet untuk anggaran liburan. Pun, destinasi liburan pun sudah ditentukan. Semua demi menyenangkan hati pasangan dan buah hati.

Namun, menjaga agar anak tetap terhibur semasa liburan tidaklah murah. Sebuah keluarga yang beranggotakan tiga orang dan hendak berkunjung ke taman hiburan bisa menghabiskan sekitar Rp1.500.000 untuk membeli tiket masuk, membayar biaya transportasi dan makanan. Untuk itu ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar liburan keluarga Anda tetap hemat dan menyenangkan.

  1. Riset, riset dan riset

Hal pertama yang wajib Anda lakukan untuk memperoleh liburan hemat adalah riset terlebih dahulu. Baik dalam soal penginapan, tempat makan hingga tempat berburu suvenir. Mengetahui tempat makan, tempat beli oleh-oleh, penginapan di tempat liburan jauh-jauh hari dapat menghemat budget liburan. Cari juga tempat wisata di kota/negara tujuan yang membebaskan biaya masuk. Saat ini sudah banyak website yang menyediakan informasi mengenai tempat wisata di suatu daerah.

  1. Susun anggaran

Sebelum Anda pergi ke destinasi liburan, sebaiknya susunlah anggaran terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah adanya kekurangan dana ketika berlibur. Alih-alih berhemat, malahan Anda harus mengeluarkan uang melebihi bujet yang telah disusun. Anggaran ini mencakup uang transportasi, uang makan, masuk ke obyek wisata, belanja dan biaya tak terduga. Cobalah mendisiplinkan diri dengan menuruti anggaran yang telah dibuat. Tujuannya agar perencanaan keuangan yang telah dibuat tidak meleset dari bujet dan liburan Anda berjalan menyenangkan.

  1. Lakukan pemesan sebelumnya

Setelah melakukan riset dan menyusun anggaran, langkah selanjutnya adalah mulai memesan tiket transportasi, tempat penginapan, atau bahkan jika ada, tiket tempat wisata di lokasi. Biasanya jika pemesanan dilakukan jauh sebelum hari H, Anda bisa mendapatkan harga spesial yang lebih murah atau penawaran-penawaran menarik lainnya selama berlibur. Anda bisa melakukan pemesanan melalui booking online atau menghubungi langsung hotel dan tempat wisata yang hendak dikunjungi.

  1. Memanfaatkan promo kartu kredit

Biasanya menjelang musim liburan, kartu kredit gencar memberikan promo. Masing-masing bank penerbit kartu kerap mengeluarkan promo-promo menarik mereka dan bekerja sama dengan taman hiburan, hotel, hingga maskapai penerbangan. Bila Anda memiliki salah satu kartu kredit travel terbaik yang menawarkan promo tersebut manfaatkanlah untuk menghemat sekian persen dari bujet. Promo ini dapat berupa potongan harga, reward point lebih atau harga spesial ataupun mendapatkan servis gratis. Apabila Anda belum memiliki, tak ada salahnya mengajukan aplikasi kartu kredit travel online di situs perbandingan keuangan seperti AturDuit misalnya. Aplikasi melalui online umumnya lebih cepat diproses dan jauh lebih praktis, karena Anda tak perlu datang ke bank untuk mengajukan kartu kredit.

  1. Ajak keluarga dan teman-teman

Berlibur akan lebih asyik bila bepergian ramai-ramai. Nah, Anda bisa mengajak orang tua atau saudara Anda untuk turut serta dalam liburan keluarga. Di samping  bisa menghemat dengan menerapkan sharing cost dalam menyewa penginapan, liburan anak-anak Anda juga lebih berkesan, karena ditemani orang-orang terdekatnya. Keuntungan lainnya, adalah Anda juga bisa meningkatkan kekompakan antar-keluarga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *