Peranan Soman pada Penyakit Kanker Lidah

Voice of Soman, Jumat 24 April 2015, Topik : Peranan Soman pada penyakit kanker lidah,  nara sumber Ariana Dewi, S. Gz (Ahli Gizi).
Kanker merupakan salah satu penyakit paling berbahaya saat ini dari berbagai kasus yang ada. Beberapa penderita ada yang berhasil sembuh dan tidak sedikit juga ada yang bertambah parah dan bahkan menyebabkan kematian. Dari beberapa jenis kanker, kanker lidah merupakan kanker ganas yang mematikan. Gejala awal dari kanker lidah adalah sariawan menahun yang tidak kunjung sembuh dan penyebab yang paling sering adalah gesekan pada area lidah pada jangka waktu yang panjang. Penyebab lain kanker lidah adalah kebiasaan merokok karena pada rokok terdapat zat karsinogenik dan kebiasaan konsumsi alkohol sebagai salah satu pemicu sel kanker lidah karena alkohol mengandung senyawa yang sangat membantu penyerapan zat karsinogenik.

peran soman pada kanker lidah

Penyebab Penyakit Kanker Lidah

Beberapa faktor yang memicu sel kanker lidah adalah:

  • Kebiasaan merokok. Rokok mengandung zat karsinogenik yang dapat memicu sel kanker lidah.
  • Kebiasaan minum minuman alkohol. Arkohol mengandung senyawa yang mendukung penyerapan zat karsiogenik.
  • Mengunyah tembakau
  • Faktor genetik

Faktor Risiko Terkena Kanker Lidah

Berikut beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang untuk terkena kanker lidah di antaranya:

  • Jenis kelamin pria
  • Usia 40 tahun ke atas
  • Faktor genetik
  • Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol yang menyebabkan seringnya membran mukosa mulut iritasi.
  • Daya tahan tubuh lemah seperti penderita HIV/AIDS
  • Sariawan yang terlalu sering.

Deteksi Awal Kanker Lidah

Kanker lidah dapat dideteksi sejak dini oleh dokter gigi atau dokter umum jika rutin memeriksakan diri setiap 6 bulan sekali. Jika dicurigai terkena kanker lidah, dokter yang bersangkutan pasti akan bertanya mengenai riwayat medis dan gejala. Pemeriksaan fisik pada lidah apakah ada benjolan atau sariawan (ulkus). Jika perlu, jaringan lidah akan diambil untuk diuji menggunakan mikroskop (biopsi). Pemeriksaan lebih lanjut dapat menggunakan CT Scan atau Rontgen.

Pencegahan Awal Kanker Lidah

  • Pola hidup sehat. Terdengar simple tetapi jika tidak dilakukan percuma saja.
  • Meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman keras.
  • Pola makan yang teratur
  • Menjaga kebersihan mulut
  • Istirahat yang cukup
  • Olah raga yang teratur
  • Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari)
  • Konsumsi jamu tetes Soman

jamu tetes soman

Terapi Medis Kanker Lidah

  1. Terapi fotodinamik merupakan jenis terapi laser yang membuat jaringan lebih sensitif terhadap terapi cahaya. Kemudian laser digunakan untuk membunuh atau menghapus sel-sel kanker atau tumor yang ada dilidah.
  2. Radio terapi merupakan terapi yang menggunakan energi radiasi tinggi untuk membunuh sel kanker lidah.
  3. Kemoterapi, biasanya dilakukan setelah operasi pengangkatan sel kanker pada lidah yang fungsinya untuk mematikan sel-sel kanker yang tersisa pada lidah. Tidak semua orang menyukai kemoterapi karena memiliki efek samping seperti rambut rontok, pucat, tidak bertenaga, dan lainnya. Di sini jamu tetes Soman memiliki peran untuk memberikan energi dan daya tahan tubuh yang lebih untuk persiapan kemoterapi karena sebelum kemoterapi diwajibkan untuk makan makanan yang bernutrisi untuk mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik. Sebaiknya jamu tetes soman diminum 1 jam sebelum makan. Jamu tetes Soman akan melengkapi nutrisi yang dibutuhkan seseorang yang akan menjalani kemoterapi. Nutrisi yang dikandung jamu tetes soman 100% dari bahan alami dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk regenerasi sel. Jamu tetes Soman juga dapat menetralisir efek samping yang diakibatkan kemoterapi ini.

Makanan yang dianjurkan dan dilarang bagi penderita kanker

Makanan yang dianjur bagi penderita kanker yaitu makanan yang mengandung vitamin A, C, E dan kalsium karena dapat menurunkan resiko terkena kanker. Makanan yang mempunyai kandungan vitamin A, C, E dan kalsium dapat ditemukan pada wortel, hati ayam, telur, daging ikan tuna, tomat dan jeruk. Makanan dengan antioksidan tinggi juga mampu melawan sel kanker seperti buah alpukat, buah manggis, buah jenis berry, buah delima, jeruk, paprika, ikan salmon, dan buah kiwi. Selain itu, makanan yang mengandung betakarotin tinggi seperti wortel dipercaya dapat melawan tumbuhnya sel kanker.

Sedangkan makan yang dilarang bagi penderita kanker maupun bukan penderita kanker adalah makanan yang mengandung zat karsinogen. Zat karsinogen dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh seseorang. Selain itu makanan yang dilarang adalah makanan yang mengandung kimia, makanan gosong seperti satai, makanan yang dipanggang, makanan yang mengandung MSG, pengawet, pewarna, pemanis buatan, makanan yang digoreng dengan penggunaan minyak yang berulang, dan ikan asin karena menyebabkan penguraian yang menjadi bahan allergen yang dapat mengundang reaksi imunitas tubuh.

Bagi mitra sehat, konsumsi jamu tetes soman untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh kita karena soman terbuat dari 39 macam buah-buahan, sayuran, rempah-rempah yang sangat lengkap nutrisinya.

32 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *